Media Pembelajaran ScrapBook Materi
Keanekaragaman
Invertebrata Filum Echinodermata
Disusun
untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Keanekaragaman
Invertebrata
Dosen Pengampu :
Indria
Wahyuni,S.Pd., M.Si. & Dr.
Enggar Utari, M.Si
Dr.
Enggar Utari, M.Si
Disusun Oleh :
Amalia
Syarifah Arum
2224180066
4
A
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2020
MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 REVISI
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanoria dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
3.9 mengelompokan hewan kedalam filum
berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi
|
3.9.1 Mendeskripsikan ciri-ciri filum
echinodermata
|
|
3.9.2 Mengklasifikasikan filum
echinodermata berdasarkan pada ciri-ciri yang dimilikinya
|
|
3.9.3 Mengetahui peran yang dimiliki
filum echinodermata
|
Media merupakan kata yang berasal dari bahasa
latin yaitu “medius” yang memiliki
arti tengah, perantara atau pengatur. Secara garis besar pengertian media yaitu
manusia, materi atau suatu kejadian yang dapat membangun kondisi, yang dapat
menyebabkan peserta didik mampu mendapatkan pengetahuan, keterampilan, ataupun
sikap (Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar.2016). Media pembelajaran merupakan segala
sesuatu yang berupa fisik ataupun teknis yang mampu membantu tenaga pendidik dalam
kegiatan pembelajaran untuk memudahkan dalam menyampaikan atau menyalurkan suatu materi
pembelajaran kepada peserta didik sehingga dapat memudahkan untuk tercapainya tujuan
pembelajaran yang telah dirumuskan (Adam, Steffi
dan Muhammad Taufik Syastra.2015). Terdapat beberapa faktor yang dapat
mempengarusi suatu proses pembelajaran, salah satunya penggunaan media saat
berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Suatu proses pembelajaran yang bersifat
monoton seperti penggunaan media yang kurang bervariasi contohnya hanya
menggunakan buku teks, pengenggunaan power point atau hanya menggunakan metode
ceramah dalam penyampaian materinya dapat membuat peserta didik kurang tertarik
dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat menimbulkan rasa bosan yang
akibatnya dapat menurunkan konsentrasi peserta didik dalam memahami materi yang
disampaika, sehingga tidak dapat tercapainya tujuan pembelajaran.
Scrapbook adalah
suatu media atau alat peraga yang berbentuk gambar yang beraneka ragam yang ditempel
dan dikumpulkan menjadi satu seperti buku. Kata Scrapbook dari kata asal scrap
yang artinya sisa. Definisi dari scrapbook
ialah seni untuk menempel foto atau gambar di kertas, dan menghiasnya hingga
menjadi suatu karya kreatif yang memiiki seni yang tinggi. Menurut Rispa Payuk
(2019) dalam Skripsinya yang berjudul “Pengembangan Media Scrapbook Sebagai
Media Pembelajaran Picture Pada Materi Plantae Untuk Kelas X” penggunaan media
pembangan Scrapbook memiliki
kelebihan dan kekurangan diantaranya yaitu:
Kelebihan :
- Menarik,
karena tersusun dari gambar, foto dan informasi penting yang disertai
hiasan-hiasan yang menarik.
- Bersifat
realistis dalam menunjukkan pokok pembahasan.
- Dapat
mengatasi keterbatasan waktu serta ruang.
- Bahan
yang digunakan dapat menggunakan bahan yang sudah tak terpakai dan mudah
didapatkan.
- Dapat
didesain sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.
Kekurangan
:
- Proses
pembuatannya memerlukan waktu yang lama.
- Gambar
yang terlalu banyak atau kompleks dapat mengurangi fokus peserta didik.
- Penggunaannya
harus berhati-hati karena terdapat hiasan agar tidak rusak.
Pada
pembuatan media pembelajaran scrapbook ini terdapat beberapa alat dan bahan
yang perlu disiapkan, yaitu karton, kertas hvs, kertas buffalo, kardus, lem,
pulpen, spidol dan pensil. Tahap-tahap pembuatannya :
- Siapkan
alat dan bahan.
- Potong
kardus 30x30 cm sebanyak 2 buah dan 5x30 1 buah untuk pembuatan cover.
- Rekatkan
satu sisi kardus 30x30 cm dengan satu sisi 5x30 cm dan pada sisi kardus 5x30
yang lain dengan kardus 30x30 yang lain dengan menggunakan lem.
- Lapisi
kardus tersebut dengan menggunakan karton warna hitam.
- Hias
cover sesuai kebutuhan.
- Potong
kertas karton menjadi ukuran 26x26 cm sebanyak 4 buah atau sebanyak yang
diperlukan agar materi yang akan disampaikan dapat termuat didalamnya.
- Mulai
isi karton dengan gambar, foto dan materi yang akan disampaikan, pada media ini
saya membuat sebanyak 4 buah lembar ukuran 26x26 cm yang akan menjadi 8 halaman
buku pada scrapbook dengan format isi
materi :
a
Halaman 1 : Karakteristik Filum
Echinodermata b
Halaman 2 : Kelas Asteroidea (ciri dan
karakteristik, bagian tubuh serta contoh spesies) c
Halaman 3 : Kelas Holothuroidea (ciri
dan karakteristik, bagian tubuh serta contoh spesies) d
Halaman 4 : Kelas Echinoidea (ciri dan
karakteristik, bagian tubuh serta contoh spesies) e
Halaman 5 : Kelas Crinoidea (ciri dan
karakteristik, bagian tubuh serta contoh spesies) f
Halaman 6 : Kelas Ophiuridea (ciri dan
karakteristik, bagian tubuh serta contoh spesies) g
Halaman 7 : Peranan Filum Echinodermata 3. Tempelkan
kertas karton tersebut kedalam cover yang telah dibuat dan hias sesuai selera,
scrapbook siap digunakan. berikut adalah video penggunaannya :
Atau dapat melihat melalui vidio diakun youtube saya dengan klik link berikut :
Cara mengaplikasikannya :
1. Guru
dapat membagi murid dalam kelas menjadi beberapa kelompok belajar.
2. Pada
tiap kelompok diberikan scrapbook untuk
dipelajari dan tidak diperkenankan membuka atau mengerjakan posttest, karena
posttest dikerjakan setelah materi sudah selesai dipelajari dengan keadaan
scrapbook dikumpulkan kepada guru agar tidak terjadi kecurangan, pada kali ini
posttest dibuat tidak menempel pada halaman kertas sehingga dapat dikerjakan
tanpa harus merobek halaman buku.
3. Setelah
selesai dipelajari bersama, tiap kelompok diwajibkan mengisi posttes berupa
teka-teki silang.
4. Selanjutnya
posttest dikumpulkan, tujuan diadakannya posttest ini guna mengukur kemampuan
murid setelah dilakukannya pembelajaran tersebut.
Sumber
Referensi :
Adam,
Steffi dan Muhammad Taufik Syastra.(2015). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN
BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI SISWA KELAS X SMA ANANDA BATAM.CBIS Journal.Vol. 3(2) : 78-90
Jalinus,
Nizwardi dan Ambiyar.(2016).Media Dan Sumber Pembelajaran.Jakarta : Kencana
Rispa Payuk.(2019). Pengembangan Media Scrapbook
Sebagai Media Pembelajaran Picture Pada Materi Plantae Untuk Kelas X.Sripsi.Universitas Sanata Darma
Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar